Makalah Pendidikan

Senin, 13 Agustus 20120 komentar

Menulis makalah pendidikan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam pembelajaran seorang mahasiswa selama menuntut ilmu diperguruan tinggi. Pada setiap semester mahasiswa harus menulis makalah pendidikan untuk mata kuliah yang ditempuh.
Melalui menulis makalah pendidikan ini diharapkan mahasiswa akan memiliki wawasan yang lebih luas dan mendalam mengenai topik yang ditulisnya. Penulisan makalah memang cukup sulit karena membutuhkan waktu, tenaga, pemahaman, pemikiran, penelitian dan bahasa yang baik. Kemampuan menulis makalah merupakan salah satu penentu keberhasilan seseorang dalam menempuh pendidikan dan juga sebagai penunjang karier dan masa depan. Biasanya ini menjadi syarat mutlak kelulusan, dan menjadi nilai plus untuk membangun reputasi seseorang. Sebelum lebih jauh kita bicara tentang makalah pendidikan, terlebih dahulu kita bahas tentang pengertian makalah.

Pengertian Makalah Pendidikan

Pengertian makalah adalah karya tulis ilmiah mengenai suatu topik tertentu yang tercakup dalam ruang lingkup pengetahuan (Ismail Kusmayadi, 2006:32). Pendapat lain mengemukakan pengertian makalah adalah karya tulis ilmiah yang membahas pokok masalah tertentu dan makalah disusun untuk disajikan dalam pertemuan formal tertentu, seperti seminar atau diterbitkan dalam majalah ilmiah.

Karakteristik Makalah Pendidikan

Karakteristik makalah adalah sebagai berikut:

  1. merupakan hasil kajian literatur atau laporan pelaksanaan suatu kegiatan lapangan yang sesuai dengan cakupan permasalahan dalam kegiatan belajar.
  2. Mendemonstrasikan permahaman tentang teoritik yang dikaji.
  3. Menunjukkan kemampuan pemahaman terhadap isi dari berbagai sumber yang digunakan.
  4. Mendemonstrasikan kemampuan meramu berbagai sumber informasi dalam suatu kesatuan yang utuh yang dinamakan makalah.

Jenis-jenis makalah pendidikan

Jenis-jenis makalah ada dua yaitu makalah biasa dan makalah posisi. Makalah biasa dalam penulisannya cenderung lebih bebas, tidak terikat oleh posisinya sebagai mahasiswa, profesi, keahlian, atau posisi lain. Sedangkan makalah posisi yaitu makalah yang ditulis berdasarkan posisi sebagai gubernur, menteri, ilmuwan, atau posisi lain.

Langkah-langkah menulis makalah pendidikan

Sistematika penulisan makalah yaitu terdiri dari judul, abstrak, pendahuluan, pembahasan isi, kesimpulan dan daftar pustaka. Langkah-langkah penulisan makalah yaitu, menentukan dan membatasi topik, membuat kerangka dan mengumpulkan bahan, membaca buku sumber sebagai daftar pustaka dan menentukan bagian yang akan dirujuk, menulis draf atau konsep makalah, menyunting sendiri draf yang ditulisnya dan tahapan terakhir adalah menyempurnakan makalah tersebut.
Bagi anda yang ingin mengetahui lebih jelas tentang makalah, anda juga bisa melihat contoh-contoh makalah yang ada di perpustakaan kampus atau sekolah anda.
Demikianlah sedikit mengenai makalah, untuk lain waktu akan saya paparkan lebih detail mengenai makalah pendidikan dan beberapa contoh makalah pendidikan. Semoga bermanfaat
Makalah Pendidikan

Read more: MAKALAH PENDIDIKAN >> Cara Membuat Makalah Pendidikan | belajarpsikologi.com
Share this article :

Posting Komentar

malaysia

Popular post

iklan

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HIMPUNAN MAKALAH CUT ROES - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
back to top