isi proposal Kuliah Kerja Nyata

Sabtu, 13 Oktober 20120 komentar


isi proposal Kuliah Kerja Nyata
Kamis, 09 Agustus 20120 komentar
  1. A.                Latar Belakang
Kuliah kerja nyata ( KKN ) pada hakekatnya merupakan perwujudan  dari  salah  satu dharma perguruan tinggi, yakni pengabdian kepada masyarakat, yang bersifat lintas disiplin (interdisipliner) dan merupakan komponen keilmuan, teknologi dan seni secara aplikatif guna membantu kehidupan masyarakat, utamanya di pedesaan. Dengan KKN diharapkan para mahasiswa dapat membantu masyarakat dalam menghadapi kesulitan-kesulitan yang dihadapi sesuai dengan bidang keilmuan masing-masing. Melaui KKN ini pula mahasiswa dapat membantu merealisasikan program-program pemerintah dalam rangka melaksanakan pemerataan pembangunan di pedesaan.
KKN merupakan suatu kegiatan yang dirasa penting baik bagi mahasiswa maupun bagi masyarakat. Bagi mahasiswa, KKN merupakan aktivitas belajar yang dilakukan lintas keilmuan dalam menggali, menghayati dan mencari solusi masalah-masalah pembangunan masyarakat di pedesaan. Bagi masyarakat desa, KKN diharapkan dapat memberikan semangat baru untuk menggerakkan pembangunan desa.
Mahasiswa setelah sarjana adalah unsur yang paling sadar dalam masyarakat. Jadi fungsi lain yang harus diperankan mahasiswa adalah sifat kepeloporan dalam bentuk dan proses perubahan masyarakat. Karenanya kelompok mahasiswa berfungsi sebagai duta-duta pembaharuan masyarakat atau “agent of social change”. Kelompok mahasiswa dengan sifat dan watak tersebut di atas adalah generasi muda yang harus mempersiapkan diri untuk menerima estafet pimpinan bangsa dari generasi sebelumnya pada saat yang akan datang. Mereka bukan kelompok tradisionalis akan tetapi sebagai “duta-duta pembaharuan sosial” dalam pengertian harus menghendaki perubahan yang terus-menerus kearah kemajuan yang dilandasi oleh nilai-nilai kebenaran.
Mahasiswa pada hakikatnya harus siap memikul tanggung jawab yang besar dalam melaksanakan fungsi generasiya sebagai kaum muda terdidik. Mereka harus sadar akan kebaikan dan kebahagiaan masyarakat hari ini dan masa depan. Karena itu, dengan sifat dan wataknya yang kritis itu mahasiswa dan masyarakat berperan sebagai “kekuatan moral” atau moral forces yang senantiasa melaksanakan fungsi “social control“. Untuk itulah maka kelompok mahasiswa harus merupakan kelompok yang bebas dari kepentingan apapun kecuali kepentingan kebenaran dan objektifitas demi kebaikan dan kebahagiaan masyarakat hari ini dan masa depan.
Universitas Muhammadiyah Jember selaku lembaga pendidikan yang mempunyai kewajiban melaksanakan dharma perguruan tinggi, yaitu salah satunya dengan mengadakan KKN. Berdasarkan hasil survey yang dilakukan oleh LPPM dan juga hasil koordinasi dengan pihak pemerintah setempat maka KKN pada tahun 2012 ini  diselenggarakan didaerah – daerah jember seperti Patrang, Ajung, Balung dan tiga kecamatan yang lainnya.
Atas dasar itulah, maka kami kelompok mahasiswa yang ditempatkan di desa Rowo Indah Kecamatan Ajung berkewajiban bersama-sama dengan warga desa merealisaikan substansi dari KKN tersebut sesuai dengan tema KKN yaitu “Bersama Membangun Desa”. Dari hasil survey serta koordinasi dengan perangkat desa Rowo Indah, maka ada beberapa program/kegiatan yang perlu dilakukan dirasa rasional untuk  kami jalankan sesuai dengan kemampuan yang tersusun dalam beberapa item program kerja. Namun yang perlu kita sadari bersama bahwa pendanaan KKN disesuaikan dengan kemampuan lembaga. Maka dari itu, pihak Universitas serta kelompok kami sangat mengharapkan partisipasi dari semua pihak pemerintah maupun masyarakat dalam rangka mendukung kegiatan ini dan demi terlaksananya pembangunan di pedesaan.


LENGKAPNYA DOWNLOAD DISINI
Share this article :

Poskan Komentar

malaysia

Loading...

Popular post

iklan

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HIMPUNAN MAKALAH CUT ROES - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
back to top