MAKALAH KEBUTUHAN AKTIVITAS PADA IBU HAMIL BAB III TINJAUAN TEORI

Sabtu, 13 Oktober 20120 komentar



3.1              Pengertian
3.1.1        Aktivitas
Kata aktivitas berasal dari bahasa Inggris “activity” yang artinya adalah kegiatan. Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia aktivitas dapat diartikan sebagai kegiatan atau kesibukan.

3.1.2        Ibu Hamil
Kehamilan adalah pertumbuhan dan perkembangan janin intrauterin mulai sejak konsepsi dan berakhir sampai permulaan persalinan (Manuaba, 1998 : 4). Masa kehamilan dimulai dari konsepsi sampai lahirnya janin, lamanya kehamilan normal 280 hari (40 minggu atau 9 bulan 7 hari) dihitung dari hari pertama haid terakhir. Kehamilan dibagi dalam 3 trimester yaitu trimester pertama dimulai dari hasil konsepsi sampai 3 bulan, trimester kedua dari bulan keempat sampai 6 bulan, trimester ketiga dari bulan ketujuh sampai 9 bulan (Prawirohardjo, 2006: 89).


3.1.3        Aktivitas Ibu Hamil
Semua kegiatan atau kesibukan yang dilakukan oleh seorang wanita yang sedang mengandung janin mulai trimester 1 sampai trimester ke 3.



3.2              Aktivitas yang Biasa Dilakukan oleh Ibu Hamil

3.2.1        Makan atau minum
Ibu hamil harus melakukan diet karena sangat berguna untuk perkembangan janin dari lahir hingga dewasa. Tetapi diet sebelum masa kehamilan juga penting. Dianjurkan untuk membuat ovulasi lebih konsisten, dalam satu atau dua bulan sebelum membuat rencana untuk hamil disarankan sekali untuk mengkonsumsi makanan yang seimbang seperti lauk yang kaya protein yang mengandung isoflavon dan kolin seperti kedelai serta kacang – kacangan, sayuran dan telur akan membantu untuk mengontrol hormon reproduksi.
Asupan nutrisi saat hamil sangatlah penting, karena sangat berpengaruh pada kesahatan janin dan ibu sendiri. Pada trimester awal kehamilan, mungkin ibu akan mengalami masalah mual dan muntah. Untuk mengatasinya, ibu dianjurkan untuk makan dalam porsi yang sedikit tapi sering, tidak langsung bangun saat bangun tidur, setelah bangun tidur minum segelas teh dapat membantu menghilangkan rasa mual di pagi hari.

3.2.2        Pekerjaan rumah tangga
Pekerjaan rutin rumah tangga seperti mencuci, mengepel, memasak, menyetrika sering dianggap pekerjaan yang tidak membutuhkan tenaga dan pikiran. Pekerjaan rumah tangga sama melelahkannya seperti pekerjaan lainnya. Tanpa harus bekerja di luar rumah pun, pekerjaan rumah tangga sudah menguras tenaga dan pikiran, apalagi kalau seorang wanita masih harus bekerja di luar rumah, apalagi pada waktu hamil. Pada saat hamil, kurangilah pekerjaan rumah tangga yang biasa dilakukan. Kurangilah bersentuhan dengan bahan-bahan kimia dalam rumah tangga, seperti cairan pembersih lantai, pestisida tanaman, dan obat serangga lainnya.

3.2.3        Mengasuh Anak
Sang ibu yang sedang hamil sudah cukup keberatan dengan bayi yang ada dalam kandungannya. Meminta orang lain untuk membantu mengasuh anak adalah tindakan yang cukup bijak. Dan untuk anak yang ingin digendong, berikan pengertian padanya bahwa sang ibu sedang tidak bisa menggendongnya, atau jika memang terpaksa, lakukanlah dengan hati-hati dan tidak dalam waktu yang lama.LENGKAPNYA DOWNLOAD DISINI

Share this article :

Poskan Komentar

malaysia

Loading...

Popular post

iklan

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HIMPUNAN MAKALAH CUT ROES - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
back to top