MEDIA PENGAJARAN
BAHASA ARAB
BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Agar tujuan pendidikan dapat
tercapai, maka perlu diperhatikan segala sesuatu yang mendukung keberhasilan
program pendidikan itu. Dari sekian faktor penunjang keberhasilan tujuan
pendidikan, kesuksesan dalam proses pengajaran merupakan salah satu faktor yang
sangat dominan. Untuk itu perlu sekali dalam proses pengajaran diciptakan
suasana yang kondusif, agar siswa benar-benar tertarik dan ikut aktif dalam
proses tersebut.
Dalam kaitannya dengan usaha
menciptakan suasana yang kondusif, media merupakan salah satu faktor yang turut
menentukan keberhasilan pengajaran.
Penggunaan media dalam pengajaran
bahasa Arab bertitik tolak dari teori yang mengatakan bahwa totalitas
persentase banyaknya ilmu pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dimiliki
oleh seorang terbanyak dan tertinggi melalui indra lihat dan pengalaman
langsung melakukan sendiri, sedangkan selebihnya melalui indra dengar dan indra
lainnya.
BAB II
MEDIA PENGAJARAN
BAHASA ARAB
2.1. Pengertian Media Pengajaran Bahasa Arab
Kata media berasal dari bahasa latin Medium yang secara
harfiah berarti tengah, perantara atau pengantaran. Sedangkan dalam bahasa arab
adalah wasail yang berarti perantara atau pengantar pesan dari pengirim kepada
penerima pesan.
Sedangkan menurut para ahli, media merupakan:
- Gearlach & Ely serta M. Sorby Sutikno; manusia, materi atau kejadian yang membangun kondisi yang membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan atau sikap.
- Atwi Suparman; Alat yang digunakan untuk menyalurkan pesan atau informasi dari pengirim kepada penerima pesan.
- AECT (association of education and communication technology); segala bentuk dan saluran yang digunakan untuk menyampaikan pesan dan informasi.
- Heinich dkk; perantara yang mengantarkan informasi antara sumber dan penerima.
Dan dalam aktifitas pengajaran, media dapat didefinisikan
sebagai sesuatu yang dapat membawa informasi dan pengetahuan dalam interaksi
yang berlangsung antara pendidik dengan siswa.
2.1. Urgensi Media dalam Pengajaran Bahasa Arab
Ada beberapa alasan mengapa media dipandang memiliki urgensi
yang tinggi dalam pengajaran. John M. Lannon , mengungkapkan bahwa media
pengajaran khusunya alat-alat pandang dapat :
1. Menarik perhatian siswa;
2. Membantu untuk mempercepat pemahaman dalam proses
pembelajaran;
3. Memberikan data yang kuat atau terpercaya;
4. Memadatkan informasi;
5. Memudahkan menafsirkan data;
LENGKAZPNYA DOWNLOAD DISINI
Posting Komentar